header-int

Panduan OPAC

Posted by : Administrator
Share

Sejak tahun 2006, Perpustakaan IAIN Jember menyediakan OPAC (Online Public Access Catalogue).OPAC adalah catalog yang ditampilkan dengan media komputer, basis data yang disediakan dalam OPAC ini meliputi basis data buku, skripsi, thesis, disertasi, dan laporan penelitian.

Cantuman informasi atau deskripsi bibliografi yang termuat dalam katalog OPAC ini terdiri dari judul, pengarang, tempat terbit, nama penerbit, dan tahun terbit. Selain itu, informasi tentang jumlah eksemplar dan status koleksi apakah sedang dipinjam atau tidak, dapat dilihat pada katalog OPAC.

Adapun cara penelusuran menggunakan OPAC, yaitu:

  1. Ketik/masukkan Kata Kunci (judul buku/pengarang/penerbit/ nomor barcode/tahun) pada tempat yang telah tersedia dengan tulisan yang benar.
  2. Pilih item sesuai dengan kata kunci. Contoh: jika kata kuncinya judul buku, maka item yang dipilih juga harus Judul Buku.
  3. Pilih item kata kunci tersebut sesuai dengan kategorinya pada Bank Data (apakah koleksi buku, skripsi, majalah, jurnal, bulletin, dan sebagainya).
  4. Klik “Pencarian”.
  5. Jika koleksi ada di database, maka akan tampil beberapa judul sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan. Apabila di monitor muncul tulisan “Ditemukan 0 dari pencarian”, itu berarti koleksi yang anda cari tidak ada di perpustakaan, atau salah mengetikkan judul, nama pengarang, atau yang lainnnya.
  6. Untuk mengetahui secara detail isi buku tersebut (ISBN, deskripsi fisik, penerbit, buku yang telah dipinjam), klik judul buku.
  7. Jika buku tersebut masih ada di koleksi Sirkulasi, catatlah nomor panggil atau klasifikasi sebagai petunjuk menuju posisi rak buku dimaksud.

Unidha

Perpustakaan IAIN Jember, Indonesia
Jl. Mataram No. 1 Mangli, Kaliwates Kode Pos 68136
Telp: 0331-487550 | Fax: 0331-427005 | Email: lib@iain-jember.ac.id

© 2018 UPT - PERPUSTAKAAN IAIN JEMBER Follow UPT - PERPUSTAKAAN IAIN JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube